OMG ! warteg pun kena pajak 10%

*warteg bowo di setiabudi, bandung (gambar dr internet)

yak kembali dengan saya akhsan catur, seorang bekas mahasiswa (soalnya minggu kmrn udah wisuda hahaha).. lama ga nulis, kyaknya skrg saat yg tepat buat nulis (hahah soalnya skrg udah pake internet lagi :D..

kali ini saya akan sedikit bercuap ttg berita yg heboh pekan ini di surat kabar nasional.. WARTEG, perusahaan fastfood terbesar dan terbanyak di Indonesia khususnya ibukota Jakarta akan terimbas peraturan pemda DKI yaitu pajak 10 %.. yoi, bang Pauji Bowo bersama jajaranya sepakat kenain pajak buat restoran yg omzetnya sampe 5 juta setahu ato sekitar 167.000 perhari.. angka itu mah udah pasti tembus buat perusahaan sebesar warteg dan juga perusahaan lainnya kyak RM Padang, warung tenda malem hari (nasi pecel, nasi uduk) dan juga warkop sekalipun, fyi jng liat suasan tempat makant tuh warteg, omzet mereka perbulan cukup untuk membeli motor loh (tergantung tempat)..

pas pertama tau baca berita ini di internet sih jujur, KAGET... hahah bayangin aja, klo misalnya kita makan warteg, warkop, RM padang (bkn restoran gede kaya sederhana, simpang raya, natrabu, dll ya) harus pake bukti makan 'bill'.. kan ngaco aja hahaha makan yang palingan berkisar dibwh 10rb mesti pake 'bill' yg ada tulisan 'tax 10%' (geleng2)..

saya mah sebagai warga biasa yg terbiasa menikmati produk perusahaan tersebut (WARTEG dkk) merasa ad yg sedikit aneh, mungkin mksd bapak2 pemda itu biar pajak tersebut bisa membantu keuangan ibukota, supaya ibukota bisa dibangun lebih bagus lagi, prasarana makin cakep, dan alasan lainnya, intinya demi kemajuan ibukota.. TAPI, apa nanti itu ga dijadiin lahan untuk memperkaya diri Pak?? (maaf bukan nuduh loh pak).. kan mkn warteg ga pake 'bill' trus ngitung pajaknya gmn? nyetornya gmn? bukti beserta lain2nya gmn.. bah, makin banyak aja ntar yang kayak gayus pak.. bayangin ada berapa ratus, munkgkin ribuan warteg dkk di ibukota pak..

klo kata saya mah, sok aja mau dikasih pajak, asal dibikin sistem yg bener, sosialisasiin yg bener, dan yang terpenting niat dari PAJAK itu sendiri juga yg bener yaitu buant kemajuan ibukota, bukan buat kemajuan diri sendiri ato golongan.. tp bpk2 pemda mendingan urus juga pajak2 yg lain juga, pajak brg mewah ato pajak bagi mobil2 mewah yg lebih dari satu di garasi, biar jakarta ga macet... yah saya mah cuma bisa doain aja deh, mudah2an nanti tuh pajak bisa dipake yg bener, jng dianeh2in yak pak pemda.. semoga ibukota lebih teratur amin.. -akhsancatur-

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

visitor

Followers