Kampung Inggris, Pare – Kediri (part 3 : jenis program & tempat les)

Assalamualaikum.

nah kemaen sudah cerita ttg perjalanan ke Pare dan deskripsi umum ttg pare. sekarang waktunya untuk cerita ttg apa aja sih program bahas inggris di Pare ini, dan tempat les mana sih yang bagus. soalnya di pare ada 100 lebih tempat kursusan, mulai dari yang punya SK sampe yang ga ada. Soalnya buat orang yg belum pernah ke Pare pasti bingung mau ambil les dimana, mau ambil program apa dan pemikiran2 lainya.. sama seperti saya dlu, mau ke pare tp bingung mau ambil les apa aja hehe.. nah mumpung saya sudah lebih dari 1 bulan disini, dan sudah tanya2 oleh para senior disini saya akan memberikan program dan tempat kursusan yang terbaik di bidangnya. karena bagaimanapun tempat les dan siapa yang mengajar sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anda di pare ini.

Grammar, Speaking, Pronunciation, Writing, Translation, Toefl, IELTS etc. itulah jenis2 program yang ada di kampung inggris Pare ini. hampir semua tempat les menawarkan itu semua, tapiiii tentu ada beberapa tempat tersohor di masing2 bidang. karena mereka punya staaf pengajar yang bagus, metode pengajaran yang bagus, dan tentu pengalaman. tapi sebelum kesini harus diingat, maksud dan tujuan harus jelas. apalagi kalain yang ga punya waktu banyak atau sekitar 1-2 bulan agak sulit melahap abis semuanya. Kalian harus fokus dan pandai berstrategi dan membagi waktu. mau jago di bidang pengucapan atau penulisan. kenyataannya adalah, yang jago speaking biasanya ga jago grammar (yg casciscus fluently rata2 toeflnya ga gede2 banget, paling 500an awal) dan yang jago grammar/structure (hebat nulis) sudah dipastikan biasanya sulit untuk ngomong english lancar (soalnya pas speaking pasti mikir grammarnya apa). So, pilih fokus kalan masing2 klo punya waktu sebentar, klo punya waktu 4-6 bulan nah ini gpp, agak santai jd bisa perlahan ambil grammar dan speaking.

oke mari kita masuk ke jenis program yg umum di sini dan tempat les mana aja yg handal di bidangnya :

1. Grammar
Yah Grammar, atau biasa dikenal struktur bahasa inggris. mulai dari Words, Phrase, Clause dan Sentences. klo di bahasa indonesia kita kenal dengan SPOK. itulah grammar, sedikit membosankan tapi sangat penting. anda mau ahli menulis dlm english, wajib kudu fardu ain ambil kelas grammar.
tempat les handal : Elfast, Kresna dan Smart
kalian tinggal sebut 3 tempat les ini, hampir semua orang di Pare tau. merekalah jagonya dibidang grammar, pengajar2nya seakan2 tau seluk beluk bhs inggris. mereka bisa menjawab semua pertanyaan anda ttg Grammar. klo di compare semua sama bagus, tp tetap punya keunggulan dan kelemahan masing2. Elfast sedikit lebih mahal, kresna dan smart sedikit lebih murah. gedung elfast yang baru nyaman untuk les, karena layaknya tempat les di jakarta, tp tanpa ac. program paketan (bundel) di elfast dan kresna selalu penuh tiap bulan, fast one & fast two di elfast dan paket planet di kresna. untuk harga sudah jelas terjangkau, mulai dari 50 ribu sampai 300an ribu per program. alternatif tempat les : GE (global english), Oxford.

Elfast gedung baru (dlmnya bagus loh)

ruang kelas elfast baru

2. Speaking
mau casciscus English, of course inilah salah satu alasan kalian kemari. yah speaking, rata2 semua kursusan dan camp menyediakan program speaking. tp tetap, beda pengajar dan beda metode beda pula hasil akhirnya.
tempat les : Daffodils, Marvelous, Elfast
Daffodils dan Marvelous, dewa speaking di Pare. hampir semua yang ke pare untk belajar speaking pasti memilih untuk les di mereka. sama2 punya kelebihan dan kekurangan. Daffodils diisi pengajar handal (Mom Indah, Miss Septin, Miss Austin, Miss Dina, Mr Pepsi, Mr Koko) semua pengajar tidak hanya faseh tapi punya kelebihan di metode, karena dapat memotivasi kita untuk lebih baik lagi terutama Mom Indah salah satu pemilik daffodils juga alfalfa camp (cerita di next post). Marvelous, hebat di american aksen, owner nya pernah 5 th di Amrik (Mr Tan). members Marvelous punya kelebihan di Pronunciation. Untuk elfast, memang spesialis grammar tp mereka membuka kelas speaking juga belum lama ini dan pengajar serta metodenya juga tdk kalah bagus, apalagi kls confident (Mr ABdul) serta dynamic speaking (Mr Fian), Kls dynamic speaking tiap sabtu ada native speaker (Australy klo tdk salah).
alternatif : Mr. Bob (bagus untk membangun pede kalian, bekas pengajar daffodils juga), Webster (untuk awal2, yg benar tdk bisa sama sekali).

Daffodils, selalu full kls speakingnya.

Mr Bob, cocok utk ningkatin pede

3. Pronunciation
inilah yg agak sulit untuk para speaker dr indonesia, pronun aka aksen aka logat. wajar, english bukan bahasa ibu kita, so lidah kita pasti agak susah untuk pengucapan biar mirip dengan native. tapi jangan khawatir, di pare aksen local anda bisa berubah asal anda serius untuk ambil kls ini. tidak mudah untuk kls ini, karena lidah anda berasa diputar2.
tempat les handal : Marvelous, Fabulous dan Emminence.
yah seperti saya bilang td, Marvelous adalah spesial aksen america, Mr tan pernah 5 th di amrik. jd klo pas di pare anda dengar orang2 yang ngomongnya agak sedikit di gaya2in layaknya bule hampir dipastikan dia anak Marvelous, Fabulous ataupun Emminence. pemilik Emminence (Mr Dino) dan pengajar Fabulous (Mr Kapten) adalah murid Mr Tan, So ya sami mawon. mereka ber3 klo udah speak, beda tipis sama bule.

4. TOEFL / IELTS, Writing/Translation
bicara TOEFL/Writing/Translation kembali lagi ke master grammar manalagi klo ga Elfast, Smart dan Kresna. mereka menawarkan program preparation toefl yang benar2 membuat anda menguasai trik and trips toefl. untuk IELTS hanya sedikit tempat yg menyediakan, dan Elfast salah satunya. ada baiknya untuk mengambil 2 program ini anda sudah mempunyai bekal dalam Grammar, sehingga bisa ngikutin. ada 1 nama lagi, pre-TOEFL hanya 2 minggu, di Logico. Logico adlh adiknya Elfast, karena yg punya Elfast dan Logico sama, Mr Andre. bedanya Logico di desain untuk program 2 mingguan sedangkan Elfast 1 bulanan.

5. Vocab
Vocab.. untuk speaking jelas kita butuh vocab memadai. khusus untuk kalian yg benar2 buta English, kalian wajib ambil kelas ini di bulan pertama. tapi untuk kalian yang sudah mengerti sedikit, tidak perlu masuk kls ini. cukup masuk camp yang menyediakan idiom dan expression tiap harinya.
tempat les : Webster, Peace.

6. Camp/Dormitory
mau tinggal di camp atau kos itu terserah anda. tapi klo emang mau cepat mahir, masuklah camp. karena rata2 camp menawarkan program tambahan di subuh dan malam hari, serta english area. Tapi tidak semua camp English Area, hanya beberapa yang benar2 disiplin seperti Zeal, Alfalfa, Cherry (sebenarnya msh ada lg tp sya kurang tahu hehe, soalnya cuma pernah ngerasain Zeal dan Alfalfa). untuk anda yang mau pengalaman seru di camp, pilih Alfalfa (milik mam indah, pemilik daffodils juga). ya karena tiap rabu alfalfa ad program public speaking, anda one man show di dpn 50-70 orang, sunnguh excited dan nervous pastinya hehe. alfalfa pun plus tv kabel dan free wifi, benar2 mantap two thums up hehe. Zeal sedikit lebih mahal tapi dapat 4-5 program gratis (camp lain rata2 2). Zeal dan Alfalfa sama2 ketat, full english area 24 jam 7 hari, sengaja pakai bahasa indonesia akan dapat punishment, 3x akan disuruh keluar hehe.. hati2 lah nanti, tapi asal tdk ketahuan tutor sih aman.

Zeal Boys Camp 2. bangunanya bagus

Sebenarnya msh ada beberapa program lainya tapi ya hanya sekedar tambahan saja. pertanyaannya, kok nama tetua seperti BEC dan Mahesa kok tidak masuk?? BEC didesain untuk 6 bulan, dan untuk org2 yg benar BUTA sama sekali english atau 0 besar, jadi buat kalian yang ga punya waktu 6 bulan otomatis ga mungkin ke BEC. lagian BEC itu memakai seragam layaknya SMA. untuk Mahesa saya krg tau, tapi yg saya tau Mahesa itu bnyk mengeluarkan murid2 handal. setau saya pemilik Kresna Smart Elfast dan Daffodils adalah jebolan Mahesa sekitar 2001-2002. buat kalian yg benar2 ingin ke Pare, mari segera dibikin goalnya. mau berapa bulan, dan mau fokus dimana.

Saya akan kasih beberapa tips bagi kalian yang hanya punya waktu sebentar 2-3 bulan :
1. atur schedule untuk 2-3 bulan anda, jng sampai waktu anda terbuang karena terlalu sedikit program, atau stress karena kebanyakan program.
2. buat anda yg tidak terlalu disiplin, bulan pertama hindari masuk camp. karena program camp rata2 subuh dan habis isya. jadi ga ada waktu main
3. buat yang punya kegigihan keras, bisa ambil program paket grammar di Elfast atau Kresna. tapi mabok / puyeng grammar tidak ditanggung. karena 1 hari kalian akan 4-5x bertemu grammar. (saya jebolan fast 1 Elfast, alhasil puyeng grammar :p).
4. kalau ambil paket hindari ambil camp yang ada subuh, bisa2 anda tidak ada istirahat. percuma, otak anda tidak bisa menyerap akhirnya. terlalu full program seharinya. (saya bangety, haha.. alhasil banyak bolos kelas pagi)
5. kalau anda mau ahli speaking, hindari terlalu bnyk program grammar. program grammar akan merusak speaking anda, krn terlalu pusing apakah saat speaking grammar anda benar atau salah.
6. bulan pertama ambil yg simple2 dulu, seperti vocab, pronun dan speaking first daffodils serta speak up mr bob.
7. bulan ke 2 anda bisa masuk ke grammar, lalu tingkat lanjut speaking. bisa ditambah masuk camp, krn program camp bnyk di speaking.
8. bulan ke 3 anda bisa masuk public speaking di daffodils (very recommended, tp pake test awal) atau mau coba2 pre-toefl.
9. intinya, desain program amda sebaik mungkin seperti poin 1.

oke kurang lebih seperti itu, part 3 ini merupakan penutup tentang gambaran kampung inggris pare, untuk tanya2 anda bisa kirim ke email saya akhsan.catur@gmail.com atau ke facebook saya (search : akhsan catur). sebisa mungkin akan saya bantu pertanyaan2 anda. wassalam. -akhsancatur

13 comments:

oLa said...

Nice info..:)
Aku insyaallah mau kesana tgl 25 ini, minta no kontak campnya dong, alfalfa atau zeal?

akhsan catur said...

alfalfa : mr. latief 081252006389 / 085745511484
zeal : mr farhan 081553361355

silahkan

Yogiq said...

nice info

bisa minta alamat tempat kost yg recommended? :D

akhsan catur said...

klo kos2an di saigone aja.. jl dahlia.. bagus, p agak mahal, bisa isi smpe 3 orang 1 kamar..

kiki mirayny said...

bisa minta no.x Elfast, Smart dan Kresna g? soal x mw nyoba yang program TOEFL / IELTS, Writing/Translation yang durasi untuk 2 minggu...

dhebu said...

wuaaa....jdi makin pengen ke pareee :D

Cherry Mooie said...

hello aku mau tanya, klo camp elfalfa biasanya per kamar berapa orang ya? rencananya awal bulan depan saya mau kesana. terimakasih :)

sadili said...

Bro boleh minta no kontakny saigon gak, biasanya range harga berapa sebulan ? sy juga dr alfalfa loh :)

Unknown said...

cukup 5 menit dr rumah saya, sayang sy blum pernah course di situ...cuman sering lewat :(

Unknown said...

Mau liburan sambil belajar Bahasa Inggris ?

Yuk datang ke Kampung Inggris Elfast
kami menyediakan program : Speaking,Grammar TOEFL-ITP,TOEFL-IBT dan IELTS
info lebih lanjut ke http://elfast-pare.com/
0354 399844

Unknown said...

mas kalo gak punya uang bisa kerja sampingan ga,,,,,,,,,,,,?

Ichwanul Muslim said...

yang mau peta kampung inggris komplit ada disini..
daarulhijrahtechnology.blogspot.co.id/2015/11/kampung-inggris-maps.html

semoga bermanfaat untuk yang ingin ke kampung inggris

saadatutdaroin6@gmail.com said...

kalo di alfalfa 1 bulannya brp kaka?

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

visitor

Followers