NASIONALISME SEPAKBOLA

yak kembali lagi bersama saya, akhsan catur, bekas seorang mahasiswa (ud pake toga bln kmrn hahah) yg sedang mencari kesibukan... menuju penghujun tahun ini, ada yg sedikit membanggakan di negeri ini.. setelah kemarin Indonesia kita dihantam bberapa bencana, yg membuat seluruh rakyat bergtong royong untuk membantu mulai dr materi, doa, sampe relawan (salut buat semua rakyat yg berpartisipasi, semoga amal nya diterima dan diganti berkali2 lipat aminnn)..
Sekarang pasukan garuda kita sedang berusaha mengepakan sayap, diajang 2 tahun piala AFF (dulu namanya piala Tiger).. mereka ingin bawa pulang piala yg dinanti2 tersebut, karena kita selalu gagal walaupun sdh sering masuk final..


ada beberapa hal yg saya catat, terlepas dr segi teknis pertandingan sepakbolanya yah.. animo masyrakat setiap tim garuda main selalu tinggi, apalgi kali ini kita tuan rumah penyisihannya.. saya salut sama masyarakat kita, khususnya para supporter bola, mereka bner2 cinta mati sama GARUDA, ga peduli tim kita menang apa kalah, walaupun lagi jeblok prestasi tetep aja klo tim garuda main di GBK, GBK selalu penuh, rame, dan jad lautan merah-putih.. yg salut lg, ga peduli merka tuh supporter The Jak, Viking, Aremania, Bonek, dll tetep aja menjadi satu kesatuan warna, MERAH-PUTIH INDONESIA..

klo menurut saya mah, itu yg disebut NASIONALISME SEPAKBOLA.. nasionalisme gaya baru, ga perlu pake perang2an penjajah, ga perlu jd teroris yg ngakunya ngebom demi indonesia, ga perlu ngurusin GAM, RMS, dll (kan udah ada TNI), cukup dengan cara yg kita bisa aja dan simpel, support TIM GARUDA, tp tetep jng anarkis..

mungkin ada bbrp org yg berfikir, "ah ngapain juga sih ngedukung, ntar juga ujung2nya kalah, wong pemimpinnya aja koruptor kok".. ayolah, jng jd apatis gitu, ayo kita dukung, klo bukan kita siapa lg yg dukung garuda, siapa lg yg nyanyiin lagu Indonesia Raya di stadion *buat kalian yg blm pernah, ayo ke GBK pas semfinal ato final, kalain akan gemeter haru pas lg nyanyiin Indonesia Raya..*timnas Indonesia

Doa saya, momen ini bisa sbg kebangkitan kita semua akan cinta tanah air, mungkin di mulai dr cinta timnas, dan bisa cinta2 kepada hal lainnya seperti cinta lingkungan Indonesia dan Cinta akan kekayaan alam indonesia (liburan ga usah jauh2 ke Luar Negeri, di Indonesia aja, lebih bagus, lebih murah, dan yg terpenting kita mmperkaya rakyat sendiri, ga perlu memperkaya negara lain dlu).. semoga timnas Garuda kita biosa bawa pulang piala AFF, amin.. GARUDA DIDADAKU, GARUDA DIHATIKU.. -akhsan catur-

2 comments:

Unknown said...

nice article !

akhsan catur said...

nantikan bag ke 2 nya hehehe

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

visitor

Followers