Pulau Sempu - Kab Malang

Pantai di Pulau Sempu

Assalamualaikum.
Lama ga nulis cerita jalan-jalan, sekarang saaatnya nulis cerita tsb. kebetulan saya sedang di Pare - Kediri untuk belajar bahasa inggris. Nah disela-sela les english, biasanya tiap wiken saya pergi jalan2 untuk eskplore daerah kediri dan sekitarnya. Bulan kemarin, saya dan keluarga baru saya di Pare pergi ke sebuah pulau kecil, pulau tidak berpenghuni. pulau yang menjadi favorit para pertualang di kabupaten malang dan sekitarnya yah, Pulan Sempu namanya. cukup bayar 100.000-120.000 untuk biaya ke sempu dengan mencharter elf (15 org) dan sudah termasuk untuk pembelian perlengkapan makanan.

Pulau Sempu, berada di kabupaten malang daerah selatan tepatnya. butuh 5-6 jam perjalanan menggunakan mobil dari Pare, ditambah 15-20 menit dari dermaga untuk sampai ke pulau sempu ini menggunakan perahu nelayan. Pulau ini tidak lah layaknya pulau lain yang terdapat lautan dan pantai terbentang, berikut sekilas tentang pulau sempu :
- Pulau ini tidak ada listrik, tidak ada penerangan. so sampi disana cari kayu bakar untuk penerangan malam. (wajib bawa spirtus dan korek api juga senter)
- Pulau ini tidak ada penghuni atau pun masyarakat yang tinggal. hanya monyet2 kecil yg tinggal disini. jng lupa bawa perlengkapan tidur kalian, sleeping bag maupun tenda.
- tidak ada penghuni sudah pasti di pulau ini tidak ada WC ataupun air bersih. akibatnya tidak mungkin mandi disini (hanya main air laut) dan kalau mau pup/BAB hrus agak keatas untuk cari semak diantera pepohonan. yah BAB gali lobang dan ditutup sarung dan bawa air mineral serat tisu basah buat cebok.
- sudah tentu tidak ada penjaja makanan di pulau ini. jadi siapkan semua perlengkapan makanan kalian, mie adalah pilihan pling bagus mudah dan cpt untuk masaknya. yg terpepnting siapkan air mineral secukupnya, 3 botol 1,5 liter per orang untuk menginap 1 malam.

Seperti uraian diatas, pulau ini cocok untu para jiwa petualang para pecinta alam. dari awal turun dr kapan nelayan saja, kita butuh waktu 2 jam berjalan kaki (trecking) melewati hutan untuk sampai ke pantai tempat kita bermalam. hati2 kalau musim hujan tiba, karena sangat licin tracking di hutan saat hujan. yah 2 jam trcaking cukup menguras tenaga, ditambah kita membawa tas berisi makanan serta pakain kita untuk bermalam. tapi itulah seninya, sampi di tepi pantai kalian akan menikmati indahnya alam pulau sempu, masih orisinil. oke lansung saja silahkan lihat foto2 saat saya dan keluarga baru saya pergi kesana bulan lalu.

Perahu Nelayan, sampai di Pulau Sempu

Foto dulu turun dari perahu

Tracking 2 Jam

Istirahat (2 jam capek juga klo jalan terus)

Pantai Pulau Sempu siang hari

Air Pantai surut di pagi hari

Foto Session diatas bukit (karang besar)

Foto sendiri adlh hal wajib :p

Yang lain bawa tenda, kita hanya pake terpal hahaha

Memasak dengan kayu bakar, yah Mie dong pastiya (ini cerita ind**ie ku hahah)

Tampak dari atas bukit yg tertinggi

Pantai Sempu dari atas bukit/karang

Siap Pulang, tak lupa foto bareng dulu

Istirahat Tracking Pulang

Sekian cerita perjalanan ke Pulau sempu, msh banyak tempat ser lain yang saya datangi ketika saya di Pare mulai dari Bali, Bromo, tempat mancing murah dan seru, dll. nantikan cerita lainya. wassalam -akhsancatur

1 comments:

Erferdik said...

mantap trip nya gan , mampir juga disini ya :D
http://wp.me/p1wSEg-4s

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

visitor

Followers