2 Months in Pare - Unforgettable Moment


Assalamuaialkum wr.wb

bertemu lagi dengan saya, akhsan catur. sekarang masih tentang cerita di Pare, kalau 3 post sebelumnya ttg Kp Inggris secara umum, kali ini cerita tentang hidup singkat saya dipare, tentang 2 bulan saya di Kampung Inggris - Pare. 2 bulan mungkin terbilang singkat, namun begitu indah dan berkesan. tidak hanya soal english, tp soal pelajaran lain yg lebih berharga dr sekedar english.

cerita bermula di bulan oktober, setelah memilih resign dari kantor saya bekerja dan memilih untuk belajar bahasa inggris di pare, yg terkenal dng sebutan kampung inggris. saya harap kampung inggris bisa membantu saya memperbaiki english saya yg kurang bagus. kenapa harus pare?? ya karena saat saya searching2 di internet, pare adalah tempat yang paling pas, karena disana ada sistem asrama menggunakan bahasa inggris. itu yang saya cari, idak perlu bahasa inggris tulis menulis, saya butuh percakapan untuk melatih saya untuk bisa berkomunikasi menggunakan bahasa no 1 di dunia itu.

bulan pertama, bulan yg sulit karena saya idak tahu apa2 tentang pare, kota kecil yg jauh di jawa timur sana. saya harus cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, dan pasi dengan orang2 baru. di pare, semua suku hampir ada, mulai dari aceh sampe papua ada di pare demi untuk belajar bahasa inggris. saya seorang diri menuju pare, tapi ternyata sesampai disana ada beberapa junior saya yg memutuskan untuk les english di pare. lumayan, sambil mencari teman baru saya sudah punya beberapa teman jadi tidak merasa begitu asing di pare.

berbeda dengan teman2 saya yang memilih untuk kos di bulan pertama, saya langsung memilih untuk tinggal di camp/asrama. ya karena saya ingin segera mempraktekan percakapan dengan english, saya pikir alangkah bagusnya kalau langsung pilih camp. awalnya ingin masuk alfalfa camp hasil rekomendasi junior saya yg pernah tinggal disana, namun apa daya ternyata alfalfa camp penuh dan saya hrus masuk waiting list. tidak apa, saya akhirnya mencari kembali dan mendapatkan camp rekomendasi hasil bertanya dengan orang2 sekitar. akhirnya saya memilih untuk tinggal di Camp Zeal, camp milih Mr. Farhan pemilik Webster salah satu tempat kursus yang cukup bagus di Pare.

Akhirnya saya dapat di Zeal 2, bangunanya pun bagus. 1 bulan lamanya saya camp ditempat ini sambil menunggu waiting list alfalfa. banyak cerita yang saya dapt di zeal 2 ini, mulai dari tutor edan sampe teman2 camp yang rata2 masih teenager yang sangat unik. maklum saya merasakan teenager sudah 4 tahunan lalu. banyak cerita seru di camp ini apalagi kelakuaan para teenager nya, mulai dari curhat masalah cinlok sama camp lain maupun bercandaan alan anak lulusan SMA. Program di camp ini sebenarnya sangat seruu, apalagi tutornya yang edan "Mr El" namanya. tapi program sehabis subuh sedikit mengesalkan, maklum disana subuh jam 4, jadi tiap hari bangun jam 4, shalat jamaah, lanjut progam pagi, memorizing vocab dan idioms. nah yang paling seru adalah jadwal Futsal nya hehe, seminggu 1-2 x kita semua main futsal. ini baru namanya camp hehehe.. 1 hal lagi yang membuat zeal 2 begitu nikamtnya, selain bangunanya bagus di sebelahnya ada warung nasi khsa sumatera. maklum di pare ga ada warung nasi padang. so klo mau makan nasi padang harus ke naik sepeda sedikit menuju alun2 kota. jadi waring nasi sumatera sebelah zeal itu sungguh penyelamat lidah saya yang orang sumatera hehe..

Masuk bulan ke 2, akhirnya pindah ke alfalfa camp. bersama 3 teman kuliah saya akhirnya masuk alfalfa. dan ternyata 1 bulan di alfalfa lebih seruu lagi, lebih banyak cerita. kebetulan saya masuk camp alfalfa yang baru, si pemilik "Mom Indah" yang juga pemilik Daffodils menyewa rumah baru untuk dijadikan camp. benar2 beruntung rumah baru tsb benar2 nyaman, besar dan diisi orang2 yang asik2 juga. belum lagi fasilitas internet wifi dan tv kabel. nampaknya alfalfa 2 ini jadi camp terbagus di kampung Inggris, cukup membayar 220 ribu saja perbulanya.

1 bulan di alfalfa terasa singkat, namun kegiatan dak kebersamaan terasa sungguh istimewa. setiap wiken selalu saja ada acara. tak kalah dengan yang di zeal, isinya pun orang2 seru dan lebih beraneka ragam. kalau di zeal kebanyakan teenager,di alfalfa lebih unik. dari teenager sampai bapak2 umur 40an ada disini. tapi tetap mayoritas diisi teenager. asiknya di alfalfa ini adalah tidak ada program habsi subuh, jd tidak tidak perlu bangun jam 4 trus program. ckup bangun subuh, shalat dan tidur lagi hahaha.. program yang asik itu saat malam, di ajar tutor yang lebih edan dibandiung di zeal, tutor yang lebih muda dari saya tapi tampang jauh lebih tua. tapi kehebatan spekaing dan leluconnya itu saya acungin jempol. belum lagi progra, one man show atau public speakin tiap rabu malam.. that's the real show dude.. kita perform di depan 50-70 orang, with englis pastinyaa.. dan itu sungguh sungguh deg deg syurrrr...

selama 2 bulan di Pare, saya benar2 mengoptimalkan waktu. tidak hanya fokus belajar english, tapi juga jalan-jalan aka vacationnnn.. kapan lagi saya bisa punya waktu lama di daerah jawa timur ini, satu persatu tempat saya kunjungi.. sampe2 kredit uang ke abang saya demi bisa jalan2 wkwk.. Bali, Bromo, Malang, Pulau sempu dan beberapa tempat lainya di sekitar jawa timur saya kunjungi. bayangkan cukup 290 ribu untuk paket tour ke bali 4hari 3 malam berangkat dari pare... kapan lagi coba ke bali nginep 2 malam di sana cukup keluar kocek 290 ribuuu.. ya mesti tahan capek naik bis ke bali wkwkw.. tapi itu semua benar2 pengalaman yang luar biasa, 2 bulan yang benar2 unforgettable.


terima kasih pare, trima kasih zeal, terima kasih alfalfa, terima kasih elfast, terma kasih mr bob, terima kasih kresna, terima kasih teman2 zeal, terima kasih teman2 alfalfa, terima kasih teman2 daffodils, terima kasih teman2 elfast dan terima kasih teman2 dan pengajar yang lainya.. sampai jumpa di lain waktu.. wassalam -akhsancatur

5 comments:

Anonymous said...

Saya mau tanya, kalau kursus di Kampung inggris sambil belajar di sekolah , bisa gak?

-- Terimakasih --

akhsan catur said...

bisa kok, tinggal atur jadwalnya aja kok

ferry said...

Mas mau tanya ada no tlf alfalfa 2 ngk? Mohon info gan.thx

Unknown said...

wah iseng cari tentang pare eh ketemu cerita nya bang catur nih.
seru banget ya d sana, kapan2 k sana lg yuk :D

Unknown said...

itu ke balinya program camp apa ada sendiri ya?

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

visitor

Followers