#tentangibu juga #tentangayah

hello2 semua.. berhubung kemarin sedang ramai dipertwitkan #tentangayah yang bersamaan dengan jatuh hari ayah sedunia (akhirnya kirain cuma ada hari ibu aja hehe).. maka saya akn membuat tulisan tentang ayah saya.. namun berhubung orang tua saya alhamdulillah mash lengkap dan sehat walafiat saya tulis aja dua-duanya.. jadi catatan ini adalah #tentangibu juga #tentangayah.. oya saya mah sebenernya manggil mereka mama dan papa, hangtag itu mah cuma ngikutin yg ada di twitter aja jhehehe.. ok2 inilah catatan seorang akhsan catur #tentangibu juga #tentangayah nya..


mama x papa = akhsan catur

1. Tina Juri = mama
mama saya lahir 29 november (tahunnya lupa heheh) di sicincin, pariaman, sumatera barat.. anak ke 3 dr 8 bersaudara, tp karena kakak pertamanya meninggal, mama naik tahta jd anak ke 2 (ayo maaa dikit lg posisi 1).. kata cerita, mama saya adalah lulusan sekolah agama sehingga dulu niatnya jd guru agama, tp tidak jadi karena pas merantau ke jakarta malah les salaon dan menjahit sehingga akhirnya Nyalon (dulu wktu SD saya ga pernah cukur di tempat cukur heheh).. mama saya beertemu papa ketika dijakarta, karena salaon mama berdekatan dengan tempat papa buka dagangan kaki lima, swit swit swittttt kyaknya cinlok hahaha.. saya tdk begitu tahu cerita masa kecil mama, krn mama jarang cerita yah tp krg lebih sama seperti wanita2 dikampungnya waktu kecil, klo ga ngedugem ya traveling ke luar negri hahaha ngarangggg... tp yg saya ingat katanya mama punya SIM motor pas uda SMP hahah keren bnget saya aj SMA bru punya.. berhubung saya ga tau cerita bnyak beliau wkt kecil sampe remaja, sya cerita pas mama udah tua aja pas uda punya anak 4 (harusnya 5, tp abng saya yg ke 3 cuma seminggu umurnya, wkt itu sya blm lahir)..
mama saya org yg lembut sama seperti kebanyakan mama2 lainnya, jago memasak, syg sama anak2nya, ibu rumah tangga tulen.. mama saya selalau marah apabila rmh berantakan, mama mau selalu rumah rapi.. hahah gmn mau rapi, anaknya kan cwok semua maa.. bnyak nasihat mama sebelum saya berangkat kuliah di bandung, saya ingat ada 3 pesan : shalat 5 waktu, jng minum & main cwek & merokok, terakhir kuliah yg bner biar bisa cepet cari duit.. tp sampe skrg ada satu yg masih saya ingat, ini nasehat wktu saya smp-sma msh bandel2nya 'kmu klo main hati2, klo pergi jauh juga hati2 klo kenapa2 nanti repot, mending klo langsung mati enak tinggal kubur, nah klo di opname trus cacat, trus ujung2nya mati kan tambah repot, ngeluarin duitnya lebih banyak dan tau2nya mati juga' (haha sial serem amat ga tuh kata nya)..
pas saya pulang ke jakarta mama pasti nanya mau dimasakin apa, betapa bahagianya hahaha semua masakan dimasakin.. mau dibikin fetuccini, macaroni schotel, mknan2 eropa atau china, jepan tp mama ga bisa hahahahah (mkn direstoran mahal cuy), yudh saya ikhlas dengan masakan minang ala mama saya (enakan ini malah hahahah).. yg buat saya sedih adalah, mama selalu bangun malam shalat tahajud trus berdoa sambil nangis, itu dilakukan tiap hari tanpa terlewat.. mama bilang mdh2an sering tahajudan doanya dikabulin.. aminnn

cita2 mama yg paling besar adalah bisa naik haji (krn papa ud duluan dulu pergi hajinya, gangajak mama krn duitnya ga cukup) trus minta dibikinin rumah dikampung buat masa tua.. 2 hal itu adalah alasan saya benar2 ingin segera menghasilkan uang..
mungkin saya tdk seperti anak lain yang dekat sama mamanya, trus curhat2an, pergi bareng, atau apalah.. tp untuk ukurang sayang, saya sangat sayang sama mama saya melbihi apapun, foto mama saya sdh menjadi background HP saya krg lebih satu tahun ini supaya saya selalu ingat mama saat apapun dan dimanapun..
*rating = tdk terhingga lalu dikali lipatkan 3
*kelebihan = tdk bisa diungkapkan dengan kata2, benar2 seorang mama sejati..

2. H. Rasyidun R. Arief = papa
papa dilahirkan klo ga salah tgl 15 maret tp tahunnya lupa hehehe.. lahir di rengat, riau namun sebenarnya asli orang minang.. lahir di riau kebetulan wkt itu nenek lg disana.. masa kecil papa berada di rao-rao, batusangkar, tanah datar, sumatera barat.. sama seperti kebanyakan laki2 minag, papa pun merantau ketika SMP ke jakarta tinggal bersama kakaknya.. tdk seperti mama yg jarang cerita, papa banyak cerita ttg masa2 saat papa merantau.. mulai dari jualan koas kaki, pedagang kaki lima, sampai punya sebuah toko.. klo saya merantau ke luar negeri modal jualan kaos kaki bisa ga yah hahahaha.. dulu papa perokok berat, cuma pas nikah sama mama berhenti ngerokok hahah canggih jg nih babe.. sama kyak mama papa ga pernah cerita waktu dia kecil, mungkin malu kali ye kecilnya jorok, bandel, suka ngelawan, cabut sekolah, ato yg laen hahahaha pantes ga cerita2..
papa saya sama seperti kebanyakan orang sumatera, keras dalam mendidik anaknya.. masa iya abang saya pernah dikunciin dikamar mandi hahaha kasian doi, untung saya ga pernah hahaha.. namun didalam kekerasan dan kegarangan papa, beliau adalah tipe papa bertanggung jawag, sangat bertanggung jawab dengan keluarga.. mungkin gr2 itu kali ya dulu mama mau niikah sama papa, padahal kata mama dulu dia uda ada calon orang makassar.. untung ga jd sama orang makassar, klo jadi saya ga bakal lahir dong haaha alhamdulillah..
dibanding mama, papa tipe yg lebih bawel soalnya selalu memberikan nasehat ataupun petuah2.. yang paling saya ingat adalah 'usahakan semua sendiri, jangan bergantung pada orang.. dr sekarang harus ud tau bgmn caranya hidup, biar nanti kedepannya sukses.. berharap sama diri sendiri aja, jng pernah mengharap bakalan ada yang bantu kalian nanti'.. sungguh menggelegar hahaha..
tapi papa saya itu seorang yg hebat, papa ga pernah punya mobil sampe skrg karna duit hasil dagangannya buat 4 anaknya sekolah, soalnya kata papa 'pap aja cuma tamatan SMP, jd kalaian aja yg berusin sekolah papa setinggi2nya yah, papa bayarin sampe s1 aja, sisanya bayar sendiri' sungguh papa yg sangat hebat.. papa juga yg ngajarin saua dagang, ngajarin belanja ke tanah abang, dll.. emang yah orang minang otaknya sama kyak orang china canggih soal dagang hahaha.. papa saya dlu dagang diajarin orang china, kata orang china tuh jd pedagang yg jujur jng nipu pembeli, biar untung sedikit tp bikin dia balik lg.. klo pembelinya diboongin nanti dia ga bakal balik lagi bahaya.. wahh canggih tuh china ya...
walaupun papa sering ngomel2 sama saya, saya tau dia peduli.. papa selalu nelpon klo saya pergi kemana2, sampe skrg pun msh suka nelpon walaupun sekedar bolak balik bdg jakarta.. yah itulah papa saya biarpun suka marah2 tp dia orang yang hebat..
*rating = tdk terhingga
*kelebihan = tdk bisa diungkapkan dengan kata2, benar2 seorangpapa yg hebat..

yak cukup segitu saja catatan seorang akhsan catur mengenai orang tuanya.. saya bersyukur terlahir dari orang tua seperti mereka, walaupun hidup tdk seromantis atau sekompak keluarga lain saya bangga akan orang tua saya krn dng segala keterbatasan mereka, mereka tetap bisa menyekolahkan anak-anaknya.. maaf yah saya tdk ada foto keluarga, jdnya cuma foto2 diatas aja.. saya harap tmn2 sekalian tetap bangga dan syg sama papa mamanya, bgmnpun juga mereka adalah yg melahirkan dan membesarkan kita.. end -akhsancatur-

1 comments:

Anonymous said...

pengen nangis bacanya,,hiks

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

visitor

Followers