(jangan) mencabut UBAN


halo semua.. kembali lg dengan catatan akhsan catur.. skrg hari jumat, sperti rutinitas biasa saya melakukan shalat jumat di lt 52 gedung wisma mulia (tinngi aja hahaha).. dan kebetulan membaca lembar jumat dan ada pembahasan sedikit ttg uban. ternyata uban itu GA BOLEH DICABUT loh, knp?? simak teruys catatan akhsan catur ini.. yudh sekalian aja searching2 di pakde google buat tau apa itu uban..

yah ini mohon dibaca2 buat kalian2 yg punya uban, dan yang nantinya pasti bakal ber-UBAN.. ini sya copast dr kompas.com knp rambut ber-uban :

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, berubahnya rambut menjadi putih atau abu-abu merupakan akibat dari rantai reaksi kimia di rambut, yang menyebabkan rambut menjadi putih dengan sendirinya dari dalam maupun luar. Proses dimulai ketika kadar enzim yang disebut katalase meninggi. Akibatnya hidrogen peroksida, senyawa kimia lain yang ada di rambut secara alami juga tiarap dan pelan-pelan melenyap. Mulailah rambut menjadi abu-abu. Karena itu, memotong rantai reaksi ini "akan memberi implikasi pada skenario memutihnya rambut para manusia,"

nah itu knp rambut ber-uban.. skrg menjwab pertanyaan knp rambut uban jng dicabut.. klo dalam hal kevantikan dan medis kalian pasti sudag tahu, klo uban apabila dicabut membuat rambut semakin menipis dan bisa menimbulkan kebotakan.. makanya bila terjadi uban bnyak yg menganjurkan cat rambut..
nah skrg yg coba sya bahas adalah mengapa sebaiknya jng mencabut uban kalian dalam perspektif agama (islam), ini sya tulis ulang dr lembar jumat tadi yah :

Jangan kamu mencabut uban, karena ia merupakan cahaya bagi seorang muslim pada hari kiamat. barang siapa berubah satu uban, niscaya Allah mencatat untuknya satu kebaikan dan menghapus satu kesalahan darinya, dan mengangkat untuknya satu derajat (HR. abu daud, tirmidzi dan nasa'i)

pas baca lembar jumat itu pun sya kaget, hahha apa hubunganya rambut uban sama pahala yah.. ternyata usut punya usut setelah bertanya2.. ternyata rambut uban itu merupakn pencerminan terhadap sikap manusia yg sedang berusaha untuk menjadi lebih baik, bisa dibilang proses belajar dalam hal pengabdian menuju jalan yg benar. makanya biasanya orang yg beruban terlihat lebih bijak ataupun dihormati (pantes profesor2 bnyak ubannya yah hahahaha *ga nyambung).. dan semenjak baca lembar jumat itu pun sya tiba2 berpikir 'wak skrg mah gampang cara nilai orang, semakin bnyak ubannya pasti semakin bijak, baik dam mulia' namun itu kyaknya hanya sekeddar hipotesa sya saja, hahaha.. ayo2 yg mau bikin penelitian ttg itu sok mangga..

yah mungkin sedikit info ini bisa membantu yah, itu menurut hadist loh jd kita harus percaya.. namun untuk masalah org yg bnyk ubannya pasti baik dan bijak blm tetntu juga kali ya hahah, ya wallahualam lah ya.. jadi ingat, MULAI SEKARANG JANGAN PERNAH MENCABUT BILA ADA UBAN TUMBUH DI KEPALA ANDA, APALAGI BUAT ANDA2 YG MASIH MUDA.. mudah2an bisa bermanfaat -akhsan catur-

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews

visitor

Followers